Merayakan Ingatan Masa Kecil di Bukalapak.com

0
1154
Hasil pencarian FInal Fantasy XIII
Hasil pencarian FInal Fantasy XIII

Hanya sedikit yang bisa saya banggakan dari masa kecil saya. Barangkali karena saya merasa bahwa saat kecil, saya penyendiri, seperti seseorang yang anti sosial, malas bergaul dan lebih suka berdiam di rumah. Tapi bukan berarti saya tidak punya hal-hal yang membuat saya merasakan melankoli masa lalu. Selain buku, Playstation adalah alat yang barangkali menemani saya tumbuh besar dan melewati masa puber. Agak menyedihkan memang, puber kok dihabiskan dengan main game, bukannya pacaran.

Tapi ya gitu, bukankah tidak wajib pacaran? Yang wajib itu balikan, maaf, maksud saya bahagia. Game barangkali satu-satunya kanal eskapis yang membuat hidup saya layak dijalani saat itu. Ketika kecil, penyesalan terbesar saya adalah tidak punya uang untuk membeli kaset game-game yang saya inginkan. Dulu karena keterbatasan uang saku, saya mesti memilih beberapa judul, kadang melewatkan game bisa jadi pengalaman yang pelik.

Misal, ketika diminta memilih antara memainkan game Final Fantasy VII dan Final Fantasy VIII. Saya selalu suka yang terakhir. Ini masalah personal, bahwa narasi cerita yang diberikan FFVIII lebih sederhana daripada versi sebelumnya. Otak saya saat itu masih belum bisa mencerna betapa kompleksnya konsep Role Playing Game. Ini seperti menuliskan cerita dengan kamu sebagai tokoh utama. Semua melankoli pengalaman masa kecil, membuat game menjadi sebuah pengalaman yang personal.

Kini saat saya sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, saya ingin main game lagi. Tapi karena keterbatasan waktu bekerja di kantor, saya mesti mencari tahu konsol game apa yang terbaru dan terbaik. Untuk itu, ketika seorang kawan menyarankan saya untuk mencoba Bukalapak.com saya segera mencobanya. Hasilnya tidak mengecewakan, ada beberapa pilihan konsol seperti Playstation 2-3, Xbox dan sejenisnya. Bukalapak.com seperti memanjakan mereka yang sibuk, untuk memudahkan mencari keinginan tanpa perlu membuang waktu di jalanan.

Main game bukan sekedar merayakan hobi. Ia adalah banyak hal. Dulu saat kecil, saya punya waktu banyak, tapi tak punya kesempatan main game. Saya mesti belajar, sekolah, dan bekerja membantu ibu. Saya pun tak punya console, dulu, jika ingin main game saya mesti ke rental. Berbekal uang saku seminggu biasanya saya menyewa satu unit PS selama beberapa jam. Oh betapa sebenarnya waktu itu menggelikan. Dulu punya waktu dan punya tenaga buat main game, tapi tak punya uang untuk memenuhi keinginan. Kini punya uang untuk memenuhi keinginan, tapi tak punya tenaga dan waktu.

Berselancar di halaman-halaman Bukalapak.com membuat saya sadar akan potensi situs ini. Ia bukan sekedar situs jual beli, tapi ia juga bisa menjadi alat pencari memori. Ada beberapa benda memorabilia, buku, dan hal remeh temeh seperti mainan bisa saya temukan. Ini bukan soal benda, ia lebih seperti memelihara kenangan, seperti menemukan kapsul waktu lantas berujar “Ah sial, dulu aku pengen ini tapi ga punya duit,” lantas perlahan, tanpa sadar, kita dibawa menuju masa lalu untuk mengenang itu semua.

Misal ketika saya mengetik kata kunci umum seperti “Final Fantasy” di Bukalapak.com, berbagai macam barang mulai dari kaset Game, Kaos, Gantungan Kunci dan pernah-pernik lainnya muncul. Kemudian ketika saya mencari kata kunci spesifik seperti “Final Fantasy XIII,” saya menemukan benda-benda yang saya butuhkan dengan mudah ditemukan Bukalapak.com. Tinggal pilih sesuai kebutuhan, lihat reputasi si penjual, lalu mulai transaksi.

Kemudahan ini seperti membius, barangkali Bukalapak.com memang sengaja membuat segala proses transaksi menjadi mudah. Saya membeli dua kaset Final Fantasy untuk PS3 dengan fasilitas pengiriman sehari sampai dan juga jaminan barang, kaset tiba keesokan harinya. Tidak ada yang kurang dan memang memuaskan. Bukalapak.com  di sini menjembatani antara penjual dan pembeli sesederhana mungkin dan semudah mungkin. Apa lagi yang bisa di harapkan?

Bagi saya ini berbagi kebahagiaan melalui Bukalapak.com, penjual bisa menemukan pembeli yang tepat, sementara saya sebagai konsumen tak perlu ribet dan takut akan kehilangan. Keamanan dari transaksi jual beli Online memang kerap jadi masalah. Namun pengalaman saya bertransaksi menggunakan Bukalapak.com memberikan pengalaman baru. Bahwa reputasi, jaminan mutu dan proses yang mudah adalah masa depan pasar jual beli digital.

Berawal dari keinginan untuk memainkan lagi Playstation, menziarahi kenangan akan hobi bermain game, saya menemukan kemudahan juga kesenangan di Bukalapak.com. Tapi apakah ada yang lain? Mungkinkah kita menemukan barang barang yang membawa kita ke ingatan masa kecil di Bukalapak.com? Ah, siapa tahu…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here