Sunday, June 2, 2019

Rekomendasi 15 Tempat Wisata Di Sulawesi Tenggara Yang Wajib Di Kunjungi

Provinsi Sulawesi Tenggara dengan ibu kotanya di Kota Kendiri ini mempunyai banyak potensi wisata menarik yang patut untuk di jelajahi. Dari banyaknya potensi wisata di Sulawesi Tenggara menyimpan pesona keindahan alam daratan maupun lautan, peradapan budaya serta sejarah. Oleh sebabnya sudah banyak turis yang berlibur menikmati segala keindahan yang ada di provinsi Sulawesi Tenggara.

Bahkan ada yang sengaja singgah dengan alasan takjub dan ingin berlama-lama menikmatinya. Berikut beberapa tempat wisata yang sayang untuk Kamu lewatkan apabila berlibur di Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara yaitu :

1. Tempat Wisata Pulau Muna

Tempat Wisata Pesona Pulau Muna mempunyai beberapa karang besar yang di selimuti pepohonan serta memantulkan cahaya hijau lembut. Daratan pulau ini umumnya dataran rendah yang mempunyai ketinggian rata-rata 100 meter dpl. Iklim tropis yang dimiliki Pulau Muna menjadikannya kaya akan tumbuh-tumbuhan hijau yang hidup subur serta mempunyai paronama alam bawah laut.

Tempat Wisata Pulau Muna populer akan kayu jati dan jambu kacang mete, kayu jati ini menjadi maskotnya Pulau Muna yang sangat populer. Tempat Wisata Pulau Muna terletak di bagian tenggara Provinsi Sulawesi Tenggara, adapun luasnya yakitu -+2.889 km persegi dan terletak di selatan garis khatulistiwa.

2. Tempat Wisata Pulau Labengki

Di wilayah Pulau Lebengki banyak sekali titik spot menyelam dan snokerling, dengan mempunyai pemandangan karang yang cantik serta airnya yang jernih membuatnya menjadi salah satu tempat buruan wisatawan. Tak hanya sebagian besar pantainya mempunyai pasir putih, di wilayah Pulau Lebengki terdapat spesiaes kima terbesar di dunia ke-2 dengan besarnya mencapai 50 cm. Untuk letaknya berada di Desa Lebengki, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, berjarak 70 km dari pusat Kota Kendari. Di pulau ini belum ada fasilitas apapun dari segi penginapan dan warung makan, jadi apabila ingin berlibur persiapkan perbekalan dan apabila ingin menginap disarankan agar membawa tenda.

3. Tempat Wisata Pantai Nambo

Keistimewaan dari Pantai Nambo yakni mempunyai hamparan pasir putih sepanjang 300 meter dan di dukung adanya fasilitas 31 buah gazebo, area parkir, kamar bilas, villa, serta warung-warung yang berjejer rapi di pinggir pantainya. Ombaknya tenang serta airnya pun jernih, sehingga tempat wisata ini sangatlah cocok digunakan untuk menghabiskan hari libur bersama keluarga tercinta.

Tempat Wisata Pantai Nambo berada di Kota Kendari, Kecamatan Abeli yang jaraknya sekitar 16 km dari pusat Kota Kendari. Untuk akses jalan menuju ke lokasi menembus perbukitan dengan keadaan jalan cukup berliku serta jurang dan tebing di sisi kanan kirinya. Tetapi selama peraanan akan menyenangkan, sejauh mata memkamung akan di suguhi paronama alam yang indah dan udara yang sejuk.

4. Tempat Wisata Pantai Liwutongkidi

Sepanjang Pantai Liwutongkidi di penuhi hamparan pasir putih yang bersih dengan deburan ombak yang selalu bergerak. Kekayaan alam bawah laut di Pantai Liwutongkidi menjadi daya tarik wisatawan. Berbagai jenis terumbu karang dan biota laut yang unik nan indah dapat di temui disini.


Tempat Wisata Pantai Liwutongkidi berada di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara yang bisa di capai dari Kota Kendari menggunakan pesawat dengan waktu tempuh selama 1 jam perjalanan, ataupun dengan menggunakan alat transportasi kapal yang memakan waktu sampai 4 jam perjalanan. Sedagkan untuk tempat inapnya berada di Kota Bau-Bau berupa hotel, jaraknya tidak jauh dari Pantai Liwutongkidi.

5. Tempat Wisata Air Terjun Samparona


Tempat Wisata Air terjun ini berketinggian mencapai 45 meter, dengan tiga mata air terjun yang mengalir di sisi kanan dan kiri tebing. Keberadaan Air Terjun Samparona di apit dua tebing dan dikelilingi hutan yang tergolong alami nan sejuk yang berisi berbagai jenis burung. Lokasinya di Desa Kalisabu, Kecamatan Sorawolio, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara. Untuk menuju lokasi dapat menggunakan kendaraan darat kemudian berlanjut jalan kaki.

6. Tempat Wisata Air Terjun Tumburano


Tempat Wisata Air Terjun Tumburano merupakan tempat pemandian yang berada di Desa Wawoni Utara, Kecamatan Wawoni, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Walaupun air terjun ini jaraknya jauh dari pemukiman warga, Air Terjun Tumburanno sangat ramai di kunjungi wisatawan lokal maupun asing. Terjunan air di tempat wisata ini cukup deras melewati batu bersusun dengan ketinggian 60 meter. Jarak air terjun dengan pemukiman warga berjarak 6-7 km, untuk mencapainya melewati jalan setapak dan bisa menggunakan sepeda motor pada musim kemarau. Tetapi pada musim penghujan hanya bisa di akses dengan berjalan kaki.

7. Tempat Wisata Air Terjun Moremo


Tempat Wisata Air Terjun Maremo merupakan air terjun terindah di Indonesia. Keberadaannya masih berada di wilayah hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, yang jaraknya kurang lebih 60 km dari pusat Kota Kendiri. Air terjun ini tergolong jenis air terjun cascade (bertigkat), kondisi airnya yang jernih dan suasana di sekitarnya masih alami memberi kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Keunikan Air Terjun Maremo ialah batu marmer yang di aliri air tidak licin, dikarenakan lokasi Air Terjun Maremo berada di daerah bebatuan kapur (airnya megandung sulful dan alkali) sehingga lumut sulit tumbuh.

Tempat wisata yang indah ini berlokasi di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moremo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi tenggara. Yang bisa di akses dari Kota Kendari dengan cara menyewa kendaraan menuju Wilayah Suaka Alam Tanjung Peropa yang terletak di Kabupaten Konawe Selatan. Setelah sampai di Wilayah Suaka Alam Tanjung Peropa, perjalanan hanya bisa dilanjut dengan berjalan kaki sejauh 2 km.

8. Tempat Wisata Danau Biru

Tempat Wisata Danau Biru bak surga ini berada di Parambahan, Kecamatan Talawi. Ceritanya Danau Biru merupakan danau yang tidak sengaja terbentuk, danau ini terbentuk dari bekas galian tambang batu bara yang lama kelamaan menjadi danau kecil nan eksotik. Diwilayahnya terdapat pemandangan yang unik, berpadu dengan pepohonan hijau menjadikannya suatu tempat yang patut Kamu kunjungi.

Sangat disarankan untuk menjangkau ke lokasi danau menggunakan kendaraan khusus. Karena medan jalanannya berbatu yang cukup tajam, menjadikan suatu tantangan tersendiri untuk menikmati keindahan Danau Biru. Dari Kota Sawahlunto tempat wisata satu ini berjarak sekitar 13 km.

9. Tempat Wisata Sungai Taborasi


Sungai Tamborasi diklaim sebagai sungai terpendek di dunia dengan panjang 20 meter saja. Dengan ukuran tersebut membuat Tamborasi tidak terlihat seperti sungai, melainkan danau. Lokasinya berada di Kecamatan Tamborasi, Kolaka, Sulawesi tenggara. Hal menarik di sini ialah keadaan sungai masih asri dan alami.

Airnya jernih berwarna kehijauan, membuat siapa saja akan tergoda untuk berenang dan menikmati kesegarannya. Tak hanya itu lokasinya didukung dengan pepohonan rindang yang berada di sekitarnya membuat suasana sejuk dan nyaman. Pengunjung dapat mengaksesnya lewat jalur darat, yang jaraknya sekitar 80-85 dari Kota Kaloka.

10. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Wawolesea (Wales)


Tempat Wisata Pemandian Air Panas Wawolesea berada di Desa Wawolesea, Kecamatan Lasolo, Kabupaen Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Lokasinya di daerah pegunungan kapur, dengan fisiknya banyak terdapat ratusan mata air panas bergelembung mendidih berasal dari perut bumi. Air panas disini mempunyai keunikan tesendiri dengan rasanya yang asin seperti halnya air laut dan beraroma belerang layaknya di tempat pemandian air panas lainnya.


Bentuk kolam-kolam pemandiannya bertangga yang tesusun dari bebatuan kapur, di lihat dari kejauhan akan tampak gradasi air yang membiru dan menyatu dengan putihnya kapur sungguh paronama alam yang luar biasa indahnya. Suatu hal yang menambah menariknya wilayah ini, di sekelilingnya tumbuh vegetasi pohon pinus yang tampak asri nan harmoni.

11. Tempat Wisata Taman Laut Wakatobi


Tempat Wisata Taman Laut Wakatobi terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Wisata bahari ini merupakan tempat wisata andalan yag sudah lama di kenal akan terumbu karangnya yang luas dan berisi biota laut berwarna-warni. Secara spesifik wilayah Taman Laut Wakatobi dikelilingi pantai dari pulau-pulau karang sepanjang 600 km dan pantai wisata yang sangat potensial untuk dikelola.

Sehingga daerah ini sangat cocok untuk wisata diving, snokerling, berenang maupun memancing. Tempat Wisata Taman Laut Wakatobi mempunyai total area 1,39 juta ha yang keseluruhannya menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang. Kedalaman air di wilayah ini bervariasi, bagian paling dalam mencapai 1.044 meter di bawah permukaan air laut.

12. Tempat Wisata Benteng Keraton Buton

Maka dari itu, pada bulan September 2006 Benteng Keraton Buton mendapat penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) dan Guiness Book Record sebagai benteng terluas di dunia dengan luasnya sekitar 23,385 hektare. Tempat Wisata Benteng ini ialah bekas Ibukota Kesultanan Buton yang mempunyai bentuk arsistek unik, dengan bahan batu kapur dari gunung. Tempat Wisata Benteng ini berbentuk lingkaran dengan panjang keliling 2.740 meter.

Tempat Wisata Benteng Keraton Buton mempunyai 12 buah pintu gerbang dan 16 emplasemen meriam, letaknya pada puncak bukit dengan lereng yang cukup terjal memungkinkan sebagai tempat pertahanan terbaik di jamannya. Sampai saat ini dari tepi benteng masih berdiri kokoh, dari sinilah para wisatawan dapat menikmati pemandangan Kota Bau-Bau dan keindahan Selat Buton dengan jelas.

13. Tempat Wisata Hutan Suaka Tanjung Paropa

Tempat Wisata Hutan Suaka Tanjung Paropa mempunyai fungsi pokok sebagai wilayah perlindungan system penyangga kehidupan serta menjadi wilayah pengawetan keanekaragaman. Wilayah ini mempunyai fungsi sebagai pengatur tata air bagi daerah Tanjung Peropa dan sekitarnya. Mata air tersebut mengalir ke sungai – sungai yang kemudian di manfaatkan sekitar 13 desa.

Tempat Wisata Hutan Suaka Tanjung Paropa juga di tetapkan sebagai wilayah suaka margasatwa pada tanggal 23 Desember 1986, sebab didalamnya terdapat berbagai macam ekosistem hutan tropis, hutan bakau, hutan belukar dan juga hutan pantai. Berbagai macam tumbuhan liar dan satwa liar dapat Kamu temui disini mulai dari anoa, rusa, kuskus, monyet hitam, dan bermacam jenis burung.

14. Tempat Wisata Kendari Beach


Pantai yang masih dalam bagian dari Teluk Kendari ini menawarkan keindahan tersendiri bagi para travelers yang datang. Pantai ini merupakan tempat wisata sekaligus tempat nongkrong yang paling favorit. Di wilayahnya banyak terdapat café-café bertenda bulat yang menyediakan fasilitas karaoke beserta makanan dan minuman. Tak hanya itu tidak ketinggalan banyak pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya berupa kacang rebus. Di dekat pantai juga terdapat rumah makan dengan menu ikan bakar, dari sini juga bisa melihat kapal-kapal nelayan yang hilir balik mencari ikan.

15. Tempat Wisata Taman Walikota Kendari


Taman Walikota Kendari merupakan lahan khusus plus sarana dan prasarana di atas tanah seluas 4 hektar. Di lokasi ini terdapat fasilitas listrik gratis, jalan setapak, meja dan kursi beton yang di buat permanen. Setidaknya ada ratusan pohon berukuran kecil sampai besar tumbuh subur sehingga menjadikan suasana di wilayah ini menjadi sejuk daan asri. Tempat ini cocok digunakan untuk bersantai sambil berteduh dari terik matahari di siang hari. Beragam jenis pohon-pohon besar di wilayah taman berusia belasan tahun yang ditanam pada masa pemerintah Loade Kaimoeddin.

No comments:

Post a Comment