Wednesday, July 15, 2020

Spot Wisata Kota Lama Semarang Yang Paling Menakjubkan

Semarang, sebuah kota yang terkenal akan makanan khasnya yang bernama lumpia ini merupakan sebuah wilayah yang menjadi ibukota dari Propinsi Jawa Tengah, kota ini berlokasi di daerah pantai utara (pantura) Jawa Tengah. Semarang merupakan salah satu kota di Indonesia yang perkembangannya sangatlah pesat, area metropolitan Kota Semarang sendiri merupakan area motropolitan terbesar urutan keempat di Indonesia dengan kepadatan penduduknya yang mencapai sekitar 2 juta orang.

Walaupun termasuk salah satu dari kota metropolitan, namun Semarang ternyata juga memiliki tempat - tempat tertentu yang memiliki bangunan tua yang masih terawat dengan baik bahkan sebagian besarnya masih difungsikan, wilayah inilah yang terkenal dengan area Kota Lama Semarang. Bagi Anda yang tertarik dengan sejarah, tempat ini sangatlah menarik untuk bisa Anda kunjungi pasalnya sebagian besar bangunan yang ada di area Kota Lama merupakan warisan dari jaman penjajahan, untuk selengkapnya, simaklah tulisan berikut.

Spot Wisata Kota Lama Semarang Yang Paling Menakjubkan


1. Stasiun Tawang

Salah satu tempat yang wajib untuk Anda kunjungi di area Kota Lama adalah Stasiun Tawang, bangunan yang difungsikan sebagai stasiun ini berlokasi di Jalan Taman Tawang dan dibangun pada tahun 16 Juni 1864. Bangunan yang sangt kental dengan arsitektur Belanda ini sendiri didesain oleh JP de Bordes, menariknya stasiun yang terkenal sebagai ikon Kota Semarang ini masih difungsikan sampai saat ini.

2. Polder Air Tawang

Setelah puas mengunjungi Stasiun Tawang, kini saatnya Anda bergerak menuju Polder Air Tawang yang letaknya masih berada di kompleks Stasiun Tawang, polder air ini difungsikan sebagai tempat pembuangan air dari berbagai daerah di sekitar Stasiun Tawang untuk selanjutnya dialirkan ke laut, bagi Anda yang menyukai kegiatan fotografi tempat ini sangatlah menarik untuk Anda jadikan objek foto.

3. Pabrik Rokok Praoe Lajar

Bagi Anda yang gemar merokok, tampaknya tidak akan lengkap jika Anda tidak berkunjung ke pabrik rokok yang satu ini, Praoe Lajar merupakan sebuah merek rokok lokal Semarang yang penjualannya hanya terbatas di wilayah sekitar Semarang. Pabrik rokok ini sendiri menempati sebuah bangunan tua yang dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda dan masih beroperasi hingga sekarang.

4. Gereja Blenduk

Salah satu ikon Kota Lama Semarang lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Gereja Blenduk, untuk menuju ke tempat ini Anda cukup berjalan sekitar 10 meter ke arah barat dari persimpangan Kota Lama, bangunan gereja ini akan sangat mudah dikenali karena bentuknya yang cukup unik untuk sebuah gereja yakni adanya sebuah kubah di atas bangunan ini sehingga menjadikannya mirip sebuah masjid.

5. Area Tengah Kota Lama

Tempat berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah area tengah Kota Lama Semarang yang berlokasi di sebuah perempatan yang menghubungkan Jalan Jenderal Suprapto, Jalan Glatik, dan Jalan Garuda. Area Tengah Kota Lama ini biasanya cukup ramai dengan wisatawan karena tempat ini memang sangat sesuai untuk Anda jadikan sebagai objek fotografi untuk mengabadikan momen liburan Anda.

Area Kota Lama Semarang sangat sesuai bagi Anda yang memang menyukai sejarah, karena area ini dipenuhi dengan berbagai bangunan peninggalan pemerintahan Hindia Belanda yang masih sangat terawat hingga sekarang.

No comments:

Post a Comment